Saturday, June 11, 2011

NOT the end of everything


ADRIANUS ERYAN

hari ini teka teki yang ada di pikiran kita beberapa hari ini terjawab sudah. pertama kali masuk kelas suasana udah berbeda drastis dari yang biasanya. dito dan cino (putra) nyambut pagi tadi dengan muka suram ketakutan. yole yang biasanya masuk kelas dengan ceria, hari ini dia masuk kelas langsung nangis karna ketakutan juga. semua mimik wajah ketakutan terlihat jelas dimuka anak anak sos B.
sebelum kita beranjak ke lapangan untuk melakukan upacara penutupan tahun pelajaran, kami semua komunitas sos B berdoa khusus dipagi itu. kita berdoa mohon untuk di berikan yang terbaik dan diberikan hati yang tulus dalam menghadapi hasil dari kerja keras kami selama setahun pelajaran bersama. ada beberapa dari kami yang nangis pada saat doa itu berlangsung. kita semua ngerasa ketakutan yang luar biasa. karna impian kami di awal taun adalah "naik kelas bersama dan liburan ke bali bersama" nggak ada satu pun dari kami yang mengharapkan satupun dari kami untuk tinggal kelas.
setelah doa itu selese, kami bareng bareng ke lapangan buat ngikutin upacara. disana kita jadi spesial kelas yang ditempatin di barisan anak anak LV (Loyola Voice) buat pertama dan terakhir kalinya :p
singkat upacara, kita semua langsung balik lagi ke kelas buat nerima rapot. dikelas kita udah harap harap cemas nungguin pak edo (wali kelas kita) buat ngebagiin rapot yang udah beliau bawa.
sebelum beliau membaginya, beliau menyinggung sedikit tentang rencana kita buat ke bali besok senen. karna kami semua udah nggak sabar pengen cepet cepet tau hasilnya. akhirnya beliau mempercepat pembagian rapot kami. saat pembagian itu, beliau berpesan untuk membuka rapot itu bersama
sama. akhirnya setelah semua rapot telah dibagi, kami semua cepat cepat membuka.
saat itulah aku melihat semua ekspresi dalam diri mereka. aku ngeliat dito, dia keliatan seneng banget sampe ngeluarin air mata saking senengnya dia naik kelas. aku ngeliat putra, dia juga menunjukan perasaan leganya saat dia tau kalo dia naik kelas. dan orang ke tiga yang aku liat, yaitu adri.
temen temen langsung pada ngerubungin adri, entah apa yang ada di pikiranku. aku sama sekali nggak terbesit bahwa adri yang bakalan nggak naik kelas. semua anak langsung menuju ke tempat duduknya yang terletak di sebelah pintu di pojok depan kelas. tanpa memerhatikan hasil yang mereka dapat, mereka semua memeluk adri. disitu aku baru sadar bahwa adri yang nggak naik kelas. aku langsung shock seketika. ngefreeze. speechless. dan sumpah aku nggak nyangka banget. itu semua di luar perkiraan seperti apa yang dikatakan oleh wali kelas kami.
menurutku adri ini bukan anak yang bodoh, disaat dia tidur dikelas dan saat ada guru yang menanyainya, dia masih bisa menjawab tanpa rasa kebingungan sedikitpun. dia memiliki pikiran konsep yang maju yang belom tentu dimiliki oleh setiap anak di usiaku. tugas bisa dia kerjakan dalam beberapa menit saja apalagi dalam hal hal yang berbau teknologi. dia itu bagaikan teknisi di kelas kami.
kita semua nangis saat tau dia nggak naik kelas. tapi kalian tau nggak apa yang dilakuin adri? beneran diluar perkiraan. dia sama sekali nggak ngeluarin air matanya dihadapan kami semua. dia tetep tegar sama apa yang ada di depan dia. dia bisa
nerima semuanya dengan hati yang ikhlas. aku inget banget waktu dia bilang "udah udah jangan pada nangis, ini bukan akhir dari segalanya" sambil melontarkan senyuman sama kita yang ada disekitarnya. dia juga masih bilang "sesuk dewe ketemu meneh yo pas dewe wes sukses" terus dia juga bilang "semangat yo kowe wes kelas 3". dan yang paling aku heranin dia juga sempet banget bilang "sesuk senen tetep liburan neng bali bareng yooo"
sumpah aku salut banget sama kamu, dri... tetep semangat yaa sahabatku, sahabat kami semua dan keluarga kita :)
aku jadi inget banget kapan hari dia bilang kalo sekolah itu cuma buat formalitas aja, saat terakhir dia bilang "aku nggak takut nggak bisa hidup kalo nggak naik gini. semua itu ada jalannya" dan aku percaya dia bakal jadi orang sukses kedepannya walaupun dia mengecap kepahitan di taun ini. tapi semua itu bukan halangan buat dia untuk terus maju...
sebuah pelajaran hidup yang berharga yang aku dapet dari peristiwa ini dimana
"Kegagalan itu bukan akhir dari segalanya. semua yang terjadi udah ada jalan yang diatur oleh Tuhan"

No comments:

Post a Comment